PERINGATAN HARI KARTINI

2012-04-23

Sebagai mahasiswa yang menghargai jasa para pahlawan yang telah mencurahkan dan mengorbankan tenaga, pikiran dan bahkan nyawa demi bangsa dan Negara Republik Indonesia, pada tanggal 21 April 2012 yang diperingati sebagai Hari Kartini, mahasiswa Akademi Kebidanan Permata Husada melaksakan kegiatan pembelajaran seperti biasa, hanya saja semua mahasiswa mengenakan pakaian nasional kebaya.

Khusus pada Hari Kartini ini,  kegiatan perkuliahan berlangsung sangat istimewa karena para mahasiswa mengenakan kebaya yang merupakan symbol wanita Indonesia yang berbudaya.

Perkuliahan klasikal dan kegiatan praktik laboratorium tetap dilaksanakan dengan berkebaya yang memberikan nuansa baru yang berbeda dan tentunya menumbuhkan semangat bagi mahasiswa dan dosen.

Ide ini digagas oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Akademi Kebidanan Permata Husada. Menurut Yulaekha selaku ketua BEM, kegiatan sehari berkebaya ini merupakan salah satu cara mengenang jasa RA Kartini, selain itu pula untuk menginternalisasikan makna hari Kartini bagi semua mahasiswa, antara lain :

  1. Meneladani perjuangan RA Kartini bagi kemajuan pendidikan perempuan Indonesia.
  2. Meneladani semangat belajar RA Kartini.
  3. Menumbuhkan rasa nasionalisme berkebangsaan Indonesia.

Sebagai mahasiswa yang hidup di masa kini dimana pendidikan bagi perempuan adalah hal telah menjadi kebutuhan dan kewajiban, tentunya makna peringatan Hari Kartini dapat diteladani oleh para mahasiswa.

Selain itu, karena mahasiswa telah mengenakan kebaya, maka sekaligus diadakan peragaan budana kebaya yang disambut antusias oleh para mahasiswa.
Ide kreatif BEM ini sangat disambut baik oleh pihak institusi Akademi Kebidanan Permata Husada dengan memfasilitasi segala kegiatan. (khadeeja)