SEJARAH

SEJARAH AKADEMI KEBIDANAN PERMATA HUSADA


Akademi Kebidanan Permata Husada adalah perguruan tinggi swasta yang bertempat di ibu kota Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di kota Samarinda.
Berdiri pada tanggal 14 Maret 2007 yang juga merupakan hari ulang tahun Akademi Kebidanan Permata Husada.
Hal-hal yang melatarbelakangi didirikannya akademi ini antara lain masih sangat kurangnya institusi pendidikan tinggi kebidanan khususnya di Kalimantan timur pada waktu tersebut serta adanya keinginan kuat dari masyarakat Kalimantan Timur untuk turut berkiprah secara nyata dalam upaya menyiapkan dan mencetak tenaga ahli madya kebidanan yang berkualitas tinggi, professional serta memiliki keterampilan yang baik, nyata dan juga dapat memahami adat dan budaya masyarakat Kalimantan Timur guna mewujudkan masyarakat sehat dan sejahtera.


Akademi Kebidanan Permata Husada di motori dan digagas oleh Bapak Ns. Nur Wahid, SKep dan pengurus yayasan lainnya berusaha keras dan berhasil mendapatkan dukungan dalam rangka pendiriannya baik dari instansi pemerintah maupun swasta.
Adapun bentuk dukungan tersebut antara lain dari walikota Samarinda, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, dan berupa MOU (memorandum of understanding) dengan lahan praktik yang memberikan dukungan antara Akademi Kebidanan Permata Husada dengan RS Islam Samarinda, RSUD I A Moeis Samarinda, RSIA Ria Kencana PKBI, RSIA Kasih Cendrawasih, RSIA Aisyiyah, RSIA dan Bedah Qurrata A’yun, Bidan-Bidan Praktik Swasta (Mandiri) dan Puskesmas diwilayah kerja kota Samarinda melalui Dinas Kesehatan Kota Samarinda.


Sarana penunjang kegiatan harian baik kegiatan administrative maupun kegiatan akademik pada awal berdirinya masih sangat terbatas, begitu pula dengan fasilitas penunjang perpustakaan dan laboratorium. Namun begitu, sarana dan prasarana pendidikan ini sudah sesuai dengan standar dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia dan Mendiknas.
Dengan berjalannya waktu, akademi ini terus memperbaiki kelengkapan laboratorium keterampilan dasar dan kebidanan, perpustakaan, laboratorium computer dan internet. Demikian pula dengan kualifikasi akademik dosen tetap minimal DIV Bidan Pendidik.


Akademi Kebidanan Permata Husada melaksanakan pembelajaran pertama atas dasar Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 96/D/O/2007 tentang Pemberian Ijin Operasional Penyelenggaraan Program Studi dan Pendirian Akademi Kebidanan Permata Husada Samarinda dan Rekomendasi Departemen Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.03.2.4.1.01832. (khadeeja)