PENDIDIKAN KEBIDANAN BERBASIS PEMBENTUKAN KARAKTER

08-04-2012

Amanah yang tertuang dalam Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Berikutnya ditegaskan bahwa pendidikan nasional bertujuan mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Tujuan pendidikan nasional tersebut menyiratkan bahwa melalui pendidikan hendak diwujudkan kecerdasan spiritual, emosional, sosial, intelektual maupun kecerdasan kinestetika. Pendidikan nasional mempunyai tujuan mulia terhadap individu peserta didik, yakni membangun pribadi yang memiliki ilmu pengetahuan, meningkatkan kemampuan teknis, mengembangkan kepribadian yang kokoh dan membentuk karakter yang kuat.

Terbentuknya karakter yang kuat dan kokoh diyakini merupakan hal penting dan mutlak dimiliki peserta didik untuk menghadapi tantangan hidup di masa mendatang. Pendidikan karakter yang diperoleh sejak pendidikan anak usia dini hingga perguruan tinggi dapat mendorong mereka menjadi anak-anak bangsa yang memiliki kepribadian unggul seperti diharapkan dalam tujuan pendidikan nasional. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menjadikan pendidikan lebih mempunyai makna bagi individu yang tidak sekedar memberi pengetahuan pada tataran kognitif tetapi juga aspek afektif dan perilaku.
Berdasarkan penelitian di Harvard University Amerika Serikat (Ali Ibrahim Akbar, 2000), ternyata kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill) saja, tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skill). Penelitian ini mengungkapkan, kesuksesan hanya ditentukan sekitar 20 persen oleh hard skill dan sisanya 80 persen oleh soft skill. Bahkan orang-orang tersukses di dunia bisa berhasil dikarenakan lebih banyak didukung kemampuan soft skill daripada hard skill. Hal ini mengisyaratkan bahwa mutu pendidikan karakter peserta didik sangat penting untuk ditingkatkan.
Berdasarkan paparan tersebut diatas maka Akademi Kebidanan Permata Husada berkeyakinan pula bahwa pembentukan karakter merupakan hal yang penting sebagai dasar keberhasilan peserta didik terutama bagi mahasiswa kebidanan yang melayani manusia yang memiliki keunikan dan perbedaan sehingga membutuhkan kesiapan dalam melaksanakan tugas tersebut sehingga diselenggarakanlah kegiatan pembelajaran yang tidak hanya menitikberatkan pada pengetahuan, keterampilan tetapi juga karakter yang baik dan unggul dalam rangka mensikapi tantangan profesi dan dunia kerja.

Oleh karena itu Akademi Kebidanan Permata Husada mengembangkan kegiatan baik yang merupakan bagian dari pembelajaran akademik maupun non akademik yang bertujuan untuk pembentukan karakter dan softskill yang unggul, yaitu :

  1. Muatan Lokal Pengembangan Citra Diri
  2. Kegiatan motivasi mahasiswa secara berkala yang include dengan kegiatan outbound selama 1 kali dalam setiap semester dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa. ( Pembicara dalam motivasi mahasiswa berasal dari beragam profesi antara lain : anggota DPRD, Badan Narkotika Nasional Kota Samarinda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Praktisi Pendidikan, Praktisi Pelayanan Kesehatan, Lembaga Swadaya Masyarakat dan lain sebagainya.)
  3. Kegiatan motivasi mahasiswa oleh dosen tetap Akbid Permata Husada 1 kali dalam setiap bulan di setiap semester.
  4. Penyelenggaraan berbagai kegiatan yang memfasilitasi kreatifitas, seni dan olah raga mahasiswa untuk menumbuhkan sifat percaya diri menunjukkan kemampuan personal, kemampuan bekerja sama dalam tim, sikap sportifitas dan rasa tanggung jawab.
  5. Mewajibkan setiap mahasiswa memenuhi credits point yang ditentukan yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap peduli dan percaya diri, motivasi untuk aktif dan kreatif, motivasi untuk berperan nyata dalam kehidupan kampus, motivasi untuk berperan nyata dalam kehidupan sosial (bakti sosial, pengabdian masyarakat, dan lain sebagainya).
  6. Kegiatan motivasi dan outbound bersama seluruh civitas akademika yang bertujuan menjalin suasana harmonis dan suasana akademik yang kondusif.

Seiring perkembangan teknologi dan informasi, Akbid Permata Husada akan terus berinovasi menciptakan, mengembangkan dan meningkatkan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk pembentukan karakter sesuai dengan Visi dan Misi nya. (khadeeja)