SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI AKBID PERMATA HUSADA

07-04-2012

Website ini merupakan representasi dari Akbid Permata Husada Samarinda dan media komunikasi untuk sharing informasi.
Akademi Kebidanan Permata Husada melaksanakan pembelajaran pertama atas dasar Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 96/D/O/2007 tentang Pemberian Ijin Operasional Penyelenggaraan Program Studi dan Pendirian Akademi Kebidanan Permata Husada Samarinda dan Rekomendasi Departemen Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.03.2.4.1.01832.
Sebagai institusi pendidikan yang meyakini bahwa kemampuan intelektual dan keterampilan (hardskill) adalah hal penting yang wajib dimiliki oleh segenap civitas akademika dan meyakini bahwa faktor penentu keberhasilan personal salah satunya adalah karakter yang baik (softskill) maka motto : kind, discipline, smart and confident menjadi salah satu landasan bagi setiap penyelenggaraan kegiatan pembelajaran baik yang bersifat akademik maupun non akademik di Akademi Kebidanan Permata Husada.
Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, kebutuhan tenaga bidan di Kalimantan Timur masih cukup tinggi. Bila menggunakan indikator Indonesia Sehat 2010, ratio bidan/100.000 penduduk adalah 100 dan diperkirakan jumlah penduduk Kaltim mencapai 2.800.000 jiwa. Maka jumlah bidan harus dimiliki untuk mencapai ratio 100 bidan/100.000 penduduk adalah 3.551 orang sehingga masih dibutuhkan penambahan 2.051 orang.
Kebijakan pemerintah yang telah mencanangkan mencanangkan seluruh desa menjadi Desa Siaga, dengan POSKESDES yang harus dimiliki ketenagaan minimal 1 orang bidan. Ini menyebabkan kebutuhan tenaga bidan untuk ditempatkan didesa cukup besar. Saat ini kurang lebih kurang 1.302 desa di Provinsi Kaltim. Sedangkan yang telah memiliki bidan desa tidak lebih dari 363 desa.
Kekurangan tenaga bidan tersebut tentu tidak akan dpenuhi bila tidak ada upaya untuk mendorong semua pihak, baik pemerintah maupun swasta ikut berpartisipasi dalam penyediaan SDM kesehatan, melalui pendidikan kebidanan. Akademi Kebidanan Permata Husada turut berperan secara nyata dalam upaya menyiapkan dan mendidik calon tenaga kebidanan yang terampil guna mewujudkan masyarakat Kaltim sehat. Selain itu, Akademi Kebidanan Permata Husada juga berkeyakinan bahwa metode menyiapkan tenaga bidan tersebut membutuhkan proses pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan di Republik Indonesia. (khadeeja)